menu

Welcome...Pasang Status Facebook Sahabat Disini

Sabtu, 18 Februari 2012

Ekonomi Melemah, Pajak Turun, Defisit APBN Melebar

JAKARTA--MICOM: Penerimaan negara di sektor pajak akan menurun sebagai akibat penurunan target pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penurunan pendapatan pajak tersebut akan memperlebar defisit dalam APBN 2012.

Demikian diungkapkan Menteri Keuangan Agus Martowardojo. Meski defisit APBN 2012 naik, tidak boleh lebih dari 3%.

"Pos penerimaan negara dari pajak akan terkoreksi menurun. Ini akan memperlebar defisit dalam APBN. Postur defisit APBN saat ini kan sekitar Rp1,5 triliun," ujarnya di Jakarta, Jumat (17/2).

Agus mengatakan, pemerintah tengah mengkaji APBN Perubahan 2012 terkait perubahaan asumsi makro tersebut. Dalam penyusunan APBN-P, pemerintah melihat tidak hanya faktor makro tetapi juga postur penerimaan dan pengeluaran negara.

"Pos penerimaan negara di bagian pajak ada koreksi penurunan. Tapi pos penerimaan bukan penerimaan pajak itu akan dikoreksi naik," ujarnya.

Jika defisit anggaran semakin besar, pemerintah akan melakukan perhitungan kembali. Batas maksimum defisit APBN-P 2012 yang dimungkikan tidak lebih dari 3%. "Kan selama 10 tahun terakhir, defisit kita tidak pernah mencapai 3%. Itu kami akan jaga terus," ujarnya.

Sebelumnya, pengamat perpajakan dari Universitas Indonesia Gunadi mengatakan, penurunan target pertumbuhan ekonomi berimplikasi pada penurunan penerimaan negara, terutama di sektor pajak. Penurunan pajak diperkirakan mencapai Rp20 triliun
Anda sedang membaca artikel tentang Ekonomi Melemah, Pajak Turun, Defisit APBN Melebar dengan URL http://nakaku.blogspot.com/2012/02/ekonomi-melemah-pajak-turun-defisit.html, nakaku mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel Ekonomi Melemah, Pajak Turun, Defisit APBN Melebar ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena slogan nakaku "Menabur Ketulusan Menuai Kebahagiaan" namun jangan lupa untuk meletakkan link Ekonomi Melemah, Pajak Turun, Defisit APBN Melebar sebagai sumbernya.
Berikan Komentar Sahabat Nakaku
Langganan Artikel Nakaku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jika memang sahabat Nakaku mau copy artikel dan tidak untuk disalah gunakan ikuti langkah berikut :
1. Buka tools
2. option
3. content
4. hilangkan tanda centang enable javascript
5. Selesai

Ini juga berlaku buat blog2 lain yang gak bisa di copy paste koq .
Nakaku Update Ini Milik Fredian Maechosa/object>
|SELAMAT DATANG DI NAKAKU MEDIA|TEMPATNYA DOWNLOAD BAHAN KULIAH, PUISI, TRIK BLOG, SHARE PENGALAMAN DAN ILMU PENGETAHUAN|