menu

Welcome...Pasang Status Facebook Sahabat Disini

Senin, 14 Maret 2011

Mengubah Layar Startup dan Shutdown

Tampilan Startup dan Shutdown Windows 95 dan 98 dapat Anda modifikasi semau Anda.
Ketika kita selesai menjalankan komputer dan keluar dari Windows, tulisan yang tampil di layar adalah "Windows is shutting down". Disusul tampilan akhir "It's now safe to turn your computer off". Tulisan ini bisa Anda ganti dan modifikasi dengan sentuhan kreatif Anda.
Modifikasi itu bisa dilakukan pada Windows 95 dan 98. Jangan sekali-kali hal itu Anda terapkan di Windows 2000.
File gambar untuk Shutdown ini tersimpan di dalam folder Windows. File ini tersimpan sebagai file sistem, namun dapat dibuka dengan software pengolah grafis. Ekstensi untuk logo Windows baik Startup maupun Shutdown adalah .sys. Untuk Startup adalah logo.sys, sedangkan untuk waiting sebelum shutdown adalah logow.sys, dan untuk file shutdown adalah logos.sys.
Di sini kami memakai Microsoft Paint. ADIT
LANGKAH 1

Bukalah Windows Explorer dan cari file logow.sys dan logos.sys. Kedua file sistem ini ada di dalam folder C:\Windows. Tekan menu [View] di Windows Explorer, pilih folder Option, maka akan muncul jendela baru. Kliklah di bagian tab [View]. Ada pilihan untuk menampilkan hidden file, pilihlah "show all hidden file" agar terlihat file logow.sys dan logos.sys. Anda harus meng-copy kedua file ini ke Dekstop Anda sebagai backup. Mengapa? Karena diperlukan bila suatu saat Anda ingin mengembalikan ke tampilan aslinya.
LANGKAH 2
  Buka Microsoft Paint, klik menu [Start] lalu geser kursor ke atas menuju menu [Programs]. Pilih [Accessories] dan klik [Paint], maka akan terbuka program Microsoft Paint.




LANGKAH 3
  Klik menu [File] lalu tekan [Open logow.sys dan logos.sys]. Perlu Anda ingat dan tentukan ukuran dan resolusinya agar sama seperti file aslinya (126-129 Kb). Pertama, kita akan mengubah gambar waiting shutdown yang ada logo Windows-nya. Klik menu [File] dan open logow.sys. Pada jendela [Open], cari di bagian "look in" Windows. Dan pada kotak [File of type], ganti dengan [All Files] lalu tekan [Open].
LANGKAH 4
Setelah terbuka, terlihat gambar logo Windows 98. Gantilah atau modifikasi gambar ini. Misalkan Anda mau menambah tulisan pada gambar ini dengan "Harap Sabar Dikit Dong!!!". Caranya? Klik pada ikon Text bersimbol A. Setelah itu pilih kotak bagian menu di bagian kiri bawah, agar teks dapat menimpa layar tanpa ada background text. Geser pointer ke bagian atas gambar, lalu drag dan buat kotak untuk membuat tulisan. Untuk mengganti ukuran dan jenis huruf, bloklah tulisan dan klik kanan pada tulisan itu. Apabila sudah selesai, tutup jendela font.
LANGKAH 5
  Setelah selesai, simpan karya Anda itu. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan logo waiting shutdown yang telah termodifikasi dengan nama logow.sys. Setelah itu, di menu [File] buka [New]. Cari file logow.sys ini dan ceklah kembali file ini di Windows Explorer. Pastikan ukuran file-nya tetap sama. Bila ukuran file-nya melebihi 129 Kb, berarti Anda harus mengulang proses dari awal lagi.
LANGKAH 6
  Sekarang silakan Anda me-restart komputer Anda dan kemudian men-shutwdown-nya lagi, untuk melihat tampilan waiting shutdown Windows Anda yang telah terganti. Anda juga dapat menggantinya dengan gambar atau foto Anda, asalkan ukuran file-nya 126-129 Kb.
LANGKAH 7
Anda juga dapat mengganti tampilan Startup Windows. Memang tidak ada file-nya di Windows Explorer. Anda harus meng-copy file logow.sys atau logos.sys ke C:, dan ganti namanya dengan logo.sys. File inilah yang akan tampil di awal Windows. Untuk mengganti file ini, ikuti Langkah 2-5 dengan memakai Microsoft Paint. Jangan lupa, simpan file ini sebagai file sistem.




LANGKAH 8
Restart komputer Anda sekali lagi untuk memastikan file logo.sys baru, yang telah menggantikan tampilan awal Windows Anda.

Anda sedang membaca artikel tentang Mengubah Layar Startup dan Shutdown dengan URL http://nakaku.blogspot.com/2011/03/mengubah-layar-startup-dan-shutdown.html, nakaku mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel Mengubah Layar Startup dan Shutdown ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena slogan nakaku "Menabur Ketulusan Menuai Kebahagiaan" namun jangan lupa untuk meletakkan link Mengubah Layar Startup dan Shutdown sebagai sumbernya.

0 komentar:

Berikan Komentar Sahabat Nakaku
Langganan Artikel Nakaku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jika memang sahabat Nakaku mau copy artikel dan tidak untuk disalah gunakan ikuti langkah berikut :
1. Buka tools
2. option
3. content
4. hilangkan tanda centang enable javascript
5. Selesai

Ini juga berlaku buat blog2 lain yang gak bisa di copy paste koq .
Nakaku Update Ini Milik Fredian Maechosa/object>
|SELAMAT DATANG DI NAKAKU MEDIA|TEMPATNYA DOWNLOAD BAHAN KULIAH, PUISI, TRIK BLOG, SHARE PENGALAMAN DAN ILMU PENGETAHUAN|