menu

Welcome...Pasang Status Facebook Sahabat Disini

Sabtu, 11 Februari 2012

Teknik Sampling



1. Simple Random Sampling (SRS)
a.1. Dengan Menggunakan metode sederhana & ukuran sampelnya 20. Sebuah pensil dijatuhkan di atas tabel bilangan acak dan ujungnya jatuh pada bilangan dikolom 8 dan baris 9(koreksi diganti baris 8). Tentukan bilangan – bilangan acak yang terpilih, jika diketahui ukuran populasinya 3000.
a.2. Mek menjatuhkan pensilnya di atas tabel bilangan acak, ujung pensil jatuh tepat pada bilangan dikolom 11 dan baris 9(koreksi diganti baris 8). Tentukanlah bilangan – bilangan acak terpilih, jika diketahui ukuran populasinya 2750 dan ukuran sampelnya 18.
b.1. PT. PERTAMINA berencana ingin meningkatkan pasokan BBM Ke setiap Tempat Pengisian BBM ( SPBU )di Sumatera Selatan dan Lampung. Untuk mengetahui hal ini perlu atau tidak dilakukan Pihak PT. PERTAMINA akan mengambil beberapa sampel untuk dijadikan bahan pertimbangan. Sedangkan Jumlah SPBU yang ada di sumatera selatan dan Lampung sebanyak 3750, dan PT. PERTAMINA akan mengambil sebanyak 20 sampel dari seluruh SPBU tersebut. Tentukanlah sampel – sampel terpilih jika RSnya terletak pada Kolom 7 baris 9.
b.2. sebuah perusahaan KOPI ingin mengembangkan Usahanya di Kecamatan Tanjung Sakti, Sebelumnya perusahaan harus mengetahui tingkat minat Masyarakat terhadap Produk mereka. dari seluruh masyarakat Kecamatan Tanjung SAkti yang berjumlah 6000 orang, perusahaan mengambil 18 orang untuk dijadikan sampel. Dari data di atas tentukanlah sampel – sampel yang terpilih! ( RS : Kolom 14 dan Baris 9)ss

2. Stratifield Random Sampling (STRS)
a. Badan Pusat Statistika (BPS) KAB. Lahat, Sumatera selatan Ingin mengetahui tingkat mutu pendidikan diberbagai perguruan tinggi di Kabupaten Lahat, Tetapi BPS hanya memproyeksikan Hanya Kepada Tiga jurusan UMUM, yaitu Jurusan Pendidiikan, Ekonomi, dan Pertanian. Masing – masing mahasiswanya berjumlah 2500, 1500 dan 1000. BPS akan mengambil 15 sampe l dari ketiga Jurusan UMUM tersebut. Tentukanlah Sampel – sampel yang akan dipilh OLEH BPS! Jika Random Startnya masing – masing Kolom 4 baris 6, Kolom 7 baris 4, Kolom 5 Baris 9.
b. Alim, akbar, Jamal, ZULfikar dan Gani ingin mengetahui Karateristik Mahasiswa Yang ada dijatinangor dalam bidang Disiplin dan belajar . Masing – masing dari IKOPIN 800 orang, UNPAD 1000 Orang dan IPDN 1500 orang. Mereka akan mengambil 12 Sampel dari keseluruhannnya. Tentukanlah Sampel – sampel yang akan dipilih oleh mereka ( Masing RS nya adalah Kolom 5 baris 7, kolom 6 baris 9 dan kolom 11 baris 6 )!


3. Systematic Random Sampling (SS)
a. PT. Tape Kena Mempunyai Karyawan seluruhnya 5000 orang ( Karateristiknya tersebar secara acak ) ingin menilai kinerja Karyawan – karyawannya dengan mengambil ukuran sampel 20 orang. Diketahui Posisi Random Startnya berada pada kolom 7 baris 8. Tentukanlah sampel – sampel yang akan terpilih!
b. Suatu Badan Survey Kabupaten Sumedang ingin mengetahui tingkat kepuasaan Masyarakat Kecamatan Jatinangor terhadap pemerintah Kabupaten Sumedang. Dalam hal ini Badan Survey Tersebut Mengambil beberapa Sampel , yang keseluruhannnya berjumlah 15 orang dari jumlah masyarakatnya 6000. Tentukanlah sampel yang terpilih jika RSnya terletak pada Kolom 13 dab baris 10!
Anda sedang membaca artikel tentang Teknik Sampling dengan URL http://nakaku.blogspot.com/2012/02/teknik-sampling.html, nakaku mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel Teknik Sampling ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena slogan nakaku "Menabur Ketulusan Menuai Kebahagiaan" namun jangan lupa untuk meletakkan link Teknik Sampling sebagai sumbernya.
Berikan Komentar Sahabat Nakaku
Langganan Artikel Nakaku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jika memang sahabat Nakaku mau copy artikel dan tidak untuk disalah gunakan ikuti langkah berikut :
1. Buka tools
2. option
3. content
4. hilangkan tanda centang enable javascript
5. Selesai

Ini juga berlaku buat blog2 lain yang gak bisa di copy paste koq .
Nakaku Update Ini Milik Fredian Maechosa/object>
|SELAMAT DATANG DI NAKAKU MEDIA|TEMPATNYA DOWNLOAD BAHAN KULIAH, PUISI, TRIK BLOG, SHARE PENGALAMAN DAN ILMU PENGETAHUAN|