menu

Welcome...Pasang Status Facebook Sahabat Disini

Senin, 02 April 2012

Hatta Rajasa Bina Generasi Muda Berwirausaha


JAKARTA – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mulai merealisasikan ide-idena untuk kemajuan PAN. Akhir pekan lalu di Jakarta, misalnya, Hatta meluncurkan Program Wirausaha Mapan (Maju Bersama PAN) yang ditujukan untuk generasi muda.

Dalam pidato pembukaanya, Hatta mengatakan jumlah generasi yang sangat besar yang dimiliki Indonesia harus dioptimalkan. Pasalnya, jika mereka menganggur tak diberdayakan justru bisa berbalik arah dan mengancam perekonomian negara. “Kalau generasi muda yang jumlahnya besar menganggur, bahaya bagi perekonomian bangsa ini,” kata Hatta.

Karena itu, Hatta mengatakan, partainya akan mengambambil langkah strategis untuk memberdayakan generasi muda sehingga menjadi generasi mandiri. Diharapkan mereka tumbuh sebagai generasi yang mampu membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri serta orang lain di sekitarnya.

”Nah, melalui program Mapan ini, para genarasi muda itu akan digembleng, dimasukkan dalam program inkubator, dilatih dan dibimbing, serta dibukakan akses dan dibekali modal, sehingga bisa bekerja secara mandiri,” ujarnya.

Program Mapan ini mensasarkan pada kalangan muda yang berpotensi menjadi wirausahawan. Untuk tahap awal ditargetkan sebanyak 11 ribu wirausaha muda akan lahir dan ikut membangun perekonomian negara.

“Kami targetkan dapat melatih 11 ribu orang muda di setiap kota. Program ini akan digelar di 11 kota. Jadi totalnya 11 ribu wirausahawan muda kami bina, diberikan pelatihan, dan pendampingan,” sebut Hatta.

Menariknya, wirausahawan yang akan dibina dan didampingi PAN itu tak harus dari kader PAN. Yang terpenting, menurut Hatta, mereka memiliki kemauan kuat ntuk bekerja keras dan mandiri. “Tanpa embel-embel PAN, dan tidak harus menjadi kader PAN. Semua kami rangkul dan seleksi. Semuanya kami latih dan diberikan pendampingan,” ujarnya.

Proses pelatihan di enam kota, yakni Medan, Palembang, Makassar, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sedangkan 11 kota yang akan berkompetisi adalah Medan, Palembang, Lampung, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Aceh, dan Jayapura.

Mereka yang lolos tahap seleksi akan mendapatkan mentoring bisnis dalam empat sesi pertemuan di enam kota tersebut, dan mendapatkan tambahan modal bagi grup yang berhasil membuka usaha baru dan stabil.

Program pelatihan kewirausahaan ini ditujukan untuk masyarakat usia 17-25 tahun. “Tujuannya untuk mencari entrepreneur muda yang mau dan gigih mengubah nasibnya, serta menciptakan lapangan kerja baru,” kata Hatta.

Dalam waktu dekat ini, program Mapan di Makassar akan digelar 12 Mei 2012. Peserta program ini nantinya akan diminta membuat proposal atau dalam bentuk business plan. Berdasakan proposal itulah akan dilakukan penilaian untuk tindak lanjut atau start up company (memulai) usaha. Selanjutnya, para peserta akan dilakukan ekshibisi di Jakarta. (lum)
Anda sedang membaca artikel tentang Hatta Rajasa Bina Generasi Muda Berwirausaha dengan URL http://nakaku.blogspot.com/2012/04/hatta-rajasa-bina-generasi-muda.html, nakaku mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel Hatta Rajasa Bina Generasi Muda Berwirausaha ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena slogan nakaku "Menabur Ketulusan Menuai Kebahagiaan" namun jangan lupa untuk meletakkan link Hatta Rajasa Bina Generasi Muda Berwirausaha sebagai sumbernya.
Berikan Komentar Sahabat Nakaku
Langganan Artikel Nakaku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jika memang sahabat Nakaku mau copy artikel dan tidak untuk disalah gunakan ikuti langkah berikut :
1. Buka tools
2. option
3. content
4. hilangkan tanda centang enable javascript
5. Selesai

Ini juga berlaku buat blog2 lain yang gak bisa di copy paste koq .
Nakaku Update Ini Milik Fredian Maechosa/object>
|SELAMAT DATANG DI NAKAKU MEDIA|TEMPATNYA DOWNLOAD BAHAN KULIAH, PUISI, TRIK BLOG, SHARE PENGALAMAN DAN ILMU PENGETAHUAN|