menu

Welcome...Pasang Status Facebook Sahabat Disini

Senin, 14 Maret 2011

PENOMENA HACKER DAN CRACKER


Artikel kali ini akan mengetengahkan opini tentang penomena hacker dan cracker dari sudut pandang kaum hacker&Crakcer di seluruh dunia. Kita sepakat bahwa perbedaan antara Hacker dan Cracker adalah sangat tipis sekali, hampir tidak dapat terlihat jelas oleh 'mata manusia biasa'. Tapi walau bagaimanapun jika kita telusuri lebih jauh, Hacker dan Cracker punya pembatas benang merah yang tampak sekali yaitu niat. Niat yang baik akan melahirkan tujuan yang baik. Niat yang jahat akan melahirkan tujuan yang jahat pula.
Dunia bawah tanah adalah tempat hidupnya komunitas hacker dan cracker yang cenderung akan menyembunyikan jati diri aslinya. Mereka lebih banyak menonjolkan hasil dari ilmu pengetahuan mereka, dibandingkan nama atau inisial mereka demi hanya untuk mendapatkan popularitas semata.
HACKER

Perjuangan hacker/cracker tidak akan pernah berhenti, selalu berputar, mulai dari belajar, menerapakan, mengajar dan belajar kembali... dan akan terus seperti itu. Sebagian pendapat (bahkan menurut seorang o'on) mengatakan bahwa, hacker elit adalah hacker yang lebih banyak mengajar atau menjadi produsen ilmu pengetahuan, bahkan menjelaskan bahwa hacker dapat dibagi-bagi menjadi beberapa klasifikasi. Padahal pada kenyataannya tidak demikian, hacker harus bisa menjadi penyeimbang bagi cracker. Tiga entity penting yakni belajar, menerapkan dan mengajar haruslah seimbang. Jangan hanya setelah mencapai titik jenuh (menjadi pengajar) lantas prosentasi belajar dan menerapkan cenderung turun. Padahal, sebagaimana ajaran agama Islam mengatakan bahwa kita di wajibkan untuk menuntut ilmu (laki-laki atau wanita) hingga keliang lahat.
Hacker memiliki cara-cara yang unik dalam setiap teknik penerapan ilmu pengetahuan security nya. Bahkan dia akan mencoba untuk meng-exploitasi sistem semaksimal mungkin demi untuk mendapatkan celah keamanan yang dapat diperbaikinya. Jika ditemukan maka dia akan mempelajarinya sebaik mungkin, kemudian akan dilakukan uji coba, jika berhasil maka dia akan menyebarkan/mengajarkan ilmu pengetahuan tersebut. Nah, ditahap akhir inilah kadang dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mendapatkan pupularitasnya. Tidak segan-segan mereka akan mendapatkan gelar 'pakar hacker' atau 'hacker elit' dari sebagian komunitas yang menjadi pengagumnya. Caranya adalah mereka akan mempopulerkan jati diri asli mereka dengan menggunakan nama asli mereka atau inisial yang merujuk langsung pada diri pribadinya secara nyata. Jika sudah begini, maka makna hacker sebenarnya sudah hilang. Kenapa demikian? Dikarenakan mereka bukan lagi termasuk komunitas underground (bawah tanah), tapi sudah menjadi komunitas foreground (permukaan tanah). Dikarenakan mereka berasal dari underground yang membaur dengan komunitas foreground, maka jadilah mereka sebagai pahlawan bagi komunitas foreground. Dan yang lebih parah lagi, kebuntuan ilmu pengetahuan tentang dunia underground bagi segelintir media massa menyebabkan perbedaan antara hacker dan cracker menjadi area abu-abu.
Jadi intinya adalah... Seorang Hacker sejati adalah orang yang sangat dikenal, disegani, dan dihormati kehandalannya/kepakarannya dalam sistem teknologi informasi di dunia underground untuk kebaikan, dan secara otomatis yang namanya dunia underground, orang-orang hanya mengetahui inisialnya saja, tanpa diketahuan sedikitpun siapa hacker ini sebenarnya. Mungkin saja di dunia nyata (foreground), dia hanyalah orang biasa-biasa saja, tidak dikenal dan tidak terkenal, bahkan mungkin dianggap sampah tidak berguna bagi segelintir orang.
Jika ada seseorang yang mengaku hacker atau dianggap sebagai hacker oleh orang-orang foreground, tapi ternyata jati dirinya diketahui pasti oleh khalayak foreground, maka sesungguhnya dia hanyalah pecundang yang sudah merasa lelah hidup di dunia underground dan mencoba hidup selamat di dunia foreground.
CRACKER

Trus, gimana dong dengan kehidupan Cracker?... Kehidupan Cracker hampir tidak ada perbedaan yang jelas dengan kehidupan Hacker. Mereka juga hidup di dunia underground, biasanya cracker tidak bertahan hidup lama, mereka akan segera muncul ke permukaan dunia foreground. Tapi sayang kemunculan mereka ke dunia foreground sering berakhir di 'hotel predo'. Kenapa demikian, hal tersebut dikarenakan mereka membuat kekacauan dan bikin onar di dunia underground demi untuk mendapatkan keuntungan diri sendiri.
Banyaknya kemunculan sebagian komunitas underground ke dunia foreground terkadang tidak dapat diprediksikan secara detail, kemunculan mereka tidak dapat diramalkan, tidak ada aturan yang jelas. Hal ini menyebabkan orang-orang foreground salah mengartikan kemunculan mereka. Hacker lebih sering dicap penjahat, padahal yang paling sering muncul ke dunia foreground adalah Cracker. Sekali lagi ingat, HACKER SEJATI TIDAK PERNAH MUNCUL KE DUNIA FOREGROUND!!! Jika ada hacker yang muncul ke dunia foreground, mereka hanyalah orang-orang yang telah merasa lelah hidup dunia underground dan ingin beristirahat dengan tenang di dunia foreground. Did you know who they are? Just silent for our little secret... :)
Anda sedang membaca artikel tentang PENOMENA HACKER DAN CRACKER dengan URL http://nakaku.blogspot.com/2011/03/penomena-hacker-dan-cracker.html, nakaku mengizinkan Anda untuk menyebar luaskannya atau copy-paste artikel PENOMENA HACKER DAN CRACKER ini jika memang bermanfaat bagi anda dan orang lain, karena slogan nakaku "Menabur Ketulusan Menuai Kebahagiaan" namun jangan lupa untuk meletakkan link PENOMENA HACKER DAN CRACKER sebagai sumbernya.

0 komentar:

Berikan Komentar Sahabat Nakaku
Langganan Artikel Nakaku

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Jika memang sahabat Nakaku mau copy artikel dan tidak untuk disalah gunakan ikuti langkah berikut :
1. Buka tools
2. option
3. content
4. hilangkan tanda centang enable javascript
5. Selesai

Ini juga berlaku buat blog2 lain yang gak bisa di copy paste koq .
Nakaku Update Ini Milik Fredian Maechosa/object>
|SELAMAT DATANG DI NAKAKU MEDIA|TEMPATNYA DOWNLOAD BAHAN KULIAH, PUISI, TRIK BLOG, SHARE PENGALAMAN DAN ILMU PENGETAHUAN|